Jumat, 20 Maret 2020

JADIKAN BLOG SEBAGAI PAPAN TULIS DARING


1. MATERI PENGENALAN BLOG

Blog adalah website yang mengandung konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan link ke website lain yang disediakan oleh penulis blog (Sumber:  Merriam Webster)
Dari sumber lain, blog didefinisikan sebagai website yang dikelola beberapa penulis dan berisi pengalaman pribadi, observasi, dan opini dari penulis. Seringkali blog dilengkapi gambar atau link ke website lain.
  
Jadi, apa itu blog?
Blog adalah salah satu jenis website yang kontennya berisi pemikiran satu atau beberapa penulis dan memiliki urutan posting secara kronologis (dari konten terbaru ke konten terlama).

 Sejarah lahirnya Blog

 Cikal bakal blog dimulai pada tahun 1994 oleh Justin Hall yang membuat jurnal pribadi online dengan nama links.net. Tampilan blog Justin sangat sederhana, hanya laman dengan background warna putih polos yang diisi tulisan. Sampai sekarang pun Anda masih bisa mengakses blog Justin.

Berkat inisiatifnya membuat jurnal online berisi konten personal, pada tahun 2004 The New York Times Magazine menobatkan Justin Hall sebagai The Founding Father of Personal Blogger.

Di Indonesia sendiri, blog mulai dikenalkan oleh Enda Nasution pada tahun 2001 melalui artikel berjudul “Apa itu Blog”. Berkat inisiatifnya mempromosikan blog di Indonesia, beberapa media massa Indonesia menyebutnya sebagai Bapak Blogger Indonesia,

membuat jurnal pribadi online dengan nama links.net. Tampilan blog Justin sangat sederhana, hanya laman dengan background warna putih polos yang diisi tulisan. Sampai sekarang pun Anda masih bisa mengakses blog Justin.

Berkat inisiatifnya membuat jurnal online berisi konten personal, pada tahun 2004 The New York Times Magazine menobatkan Justin Hall sebagai The Founding Father of Personal Blogger.

Di Indonesia sendiri, blog mulai dikenalkan oleh Enda Nasution pada tahun 2001 melalui artikel berjudul “Apa itu Blog”. Berkat inisiatifnya mempromosikan blog di Indonesia, beberapa media massa Indonesia menyebutnya sebagai Bapak Blogger Indonesia, The Jakarta Post adalah salah satunya.

Istilah-istilah pada Blog.

Blog adalah website pribadi (personal website) baik yang dibuat secara gratis di blogger, wordpress, atau platform blog gratis lainnya, maupun dengan menggunakan nama domain dan hosting berbayar (TLD).

Blogger adalah pemilik blog atau yang mempunyai dan mengelola blog. Blogger juga berarti platform blog gratis milik google, yakni www.blogger.com, dengan subdomain .blogspot.com.

Blogging adalah aktivitas pengguna blog, yaitu membuat dan mengisi blog dengan konten tulisan, gambar, video dan lain-lain. Blogging dalam bahasa Indonesia biasa disebut ngeblog.    

Blogspot adalah subdomain alamat blog di platform blogger. Jika dibuka di Indonesia, maka alamatnya menjadi blogspot.co.id, di Jepang, alamatnya menjadi blogspot.jp, di Hongkong menjadi blogspot.hk, di India menjadi blogspot.in, dan lain sebagainya.

2. MATERI PRAKTEK MEMBUAT BLOG

Materi Dasar Pembuatan Blog, yang saya dapatkan pada Pelatihan Media Pembelajaran di ERA GURU DIGITAL, di bawah bimbingan Tutor Handal ; Mas Hendra Dwi P.

TUTORIAL VIDIO-1 :  (dari Mas Hendra, tutor e-guru )




Selamat mengikuti dengan cermat, materi praktek pembuatan Blog, pada Tutorial Vidio di atas.

Bagi temen-temen guru yang mau ikut Pelatihan Media Pembelajaran di ERA GURU DIGITAL, silahkan daftar, KLIK DI SINI


ISI DATA LENGKAP, LALU KIRIM, TUNGGU PETUNJUK DARI ADMIN E-GURU


3. CARA MENGISI BLOG: 

=>  PANDUAN MENULIS POSTING

#. Buka Blog. Login ke  Blogger. Kalau Anda masih dalam keadaan login, maka tidak usah login lagi, langsung aja langkah kedua. Jika Anda sedang membuka email Gmail, buka saja tab baru lalu ketik www.blogger.com.

#. Klik ikon Gambar Pensil (warna oranye) - Create New Post/Buat Entri Baru - seperti tampak pada gambar berikut ini.

#. Akan terbuka halaman baru seperti gambar di bawah ini:

#. Isi kolom bagian atas untuk judul tulisan, kolom bawahnya untuk isi tulisan. Jangan lupa isi kolom "Label" yang ada di sisi kanan (sidebar), seperti tampak dalam gambar di bawah ini.

#.  Judul tulisan jgn terlalu panjang, juga jgn terlalu pendek.

 #. Untuk bagian isi, sebaiknya satu alinea maksimal lima baris agar tulisan enak dilihat dan dibaca (scannable). Contohnya:

 #. Soal tebal huruf (Bold), miring (Italic), garis bawah (Underline), semua tersedia, mirip menu yang ada di MS Office Word. Fungsinya pun sama. Tinggal klik (select text) yang akan dikasih tebal, lalu klik ikon "B".

#. Setelah tulisan selesai dibuat, klik "Publish" / Publikasikan --menu warna oranye.

#. Klik "View Blog" / Lihat Blog untuk mengecek tampilannya.

=>  CARA MEMASUKKAN GAMBAR 

Tulisan di blog akan lebih menarik jika disertai gambar, image, atau foto. Apalagi kalo tulisan berita, kudu banget masukkin foto sebagai penunjang dan penguat fakta.

Tips!!! Sebaiknya ukuran foto antara 300-600 pixel, ukurannya di bawah 50kb, biar loading blog ringan! Edit dulu foto Anda, kecilkan, crop, dll., misalnya dengan menggunakan  paint untuk melakukan covert gambar

Ini dia caranya:

1. Selesaikan dulu seluruh naskah/tulisan.

2. Klik mouse di depan huruf pertama awal tulisan! Kaya gini nih, klik di depan huruf S

4. Klik icon "Insert image".

5. Akan terbuka popup windows yang membawa Anda ke tempat penyimpanan gambar/foto.
    Klik gambarnya dan klik "Open".

6. Gambar pun sudah masuk ke posting blog. Tapi, posisinya di tengah! Defaultnya memang begitu.

7. Klik fotonya, lalu klik "Left" untuk memposisikan gambar di sebelah kiri (align left). Klik juga    ukurannya: pilih Small, Medium, dst. Sebaiknya pilih "Medium".

8. Klik "Properties" untuk memberikan deskripsi foto. Jika dikosongkan, maka nilai SEO Blog akan berkurang.

9. Akan muncul seperti ini. Isi kolom yang ada. Just like this! Tentu, sesuaikan dengan fotonya. Kalo foto Manchester United, jangan dikasih keterangan Persib!

10. Klik OK and you're all done! 

=>  CARA MENGEDIT TULISAN 

Anda bisa mengedit kembali tulisan yang sudah dipublikasikan di blog.
Caranya: - Arahkan cursor mouse ke bawah judul tulisan - Klik "Edit",

 - Selama proses edit, Anda juga bisa mengganti nama Label dll. - Setelah selesai edit, klik tombol "Update".

=>  CARA MEMASUKAN VIDIO KE DALAM BLOG

Perhatikan Tutorial Vidio berikut ini :

 TUTORIAL VIDIO - 2 :




SELAMAT MENCOBA, SAMPAI JUMPA DI MATERI BERIKUTNYA

emyunus, MARET 2020






9 komentar:

  1. Terimakasih, telah berkunjung ke Blog saya, silahkan isi komenternya di sini, untuk meninggalkan jejak-jejak kebaikan Bapak dan Ibu Guru Hebat

    BalasHapus
  2. Alhamdulilla zajakumullah sangat bermanfaat dalam menumbuhkan semangat untuk menulis

    BalasHapus
  3. Alhamdulilla zajakumullah sangat bermanfaat dalam menumbuhkan semangat untuk menulis

    BalasHapus
  4. Tenkkiu pa Ji penceran nya semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  5. Nah ini konten blog yang sesuai tugas yang diberikan, mantul pak

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum, terimakasih Pa Pengawas atas aplikasi nya, ini sangat membantu saya dalam PJJ saat seperti sekarang ini,... Syukron

    BalasHapus
  7. Wa alaikum salam, Alhamdulillah

    BalasHapus